Senin, 23 Maret 2015

Lakukan Hal Ini Jika Grup Facebook Anda Terdapat Postingan SARA

Tahun pemilihan umum yaitu tahun 2014 lalu menunjukkan kepada kita semua jika media sosial telah sukses menjadi satu media untuk menggiring opini masyarakat (terlepas baik dan buruk opini tersebut). Kisah tersebut bukan tanpa sukses, masih ingat dengan akun Trio Macan di Twitter? Bagaimana beberapa media nasional justru menjadikan tweet akun alter tersebut sebagai rujukan.

Atau masih ingat ketika Cicak vs Buaya Jilid I, disaat itu masyarakat berkumpul dan bergerak dalam satu komunitas yang bernama media sosial. Contoh lainnya bisa Anda cari sendiri, tidak sulit kok menemukan contoh lainnya.

Nah, fenomena itu membuat media sosial bak ruang terbuka yang dipenuhi banyak orang, jika ada saja satu orang yang berteriak maka semua akan menoleh, menjadi viral yang akan menyebar kemana - mana. Ditambah lagi memang sudah bawaan orok bangsa kita doyan ngerumpi, alasan lain mengapa berita gosip tidak pernah sepi penonton.

Oke kembali ke riuhnya media sosial, isu SARA sebenarnya masih menjadi trending topic tahun 2015. Saya memang mencurigai, adanya gerakan greliyawan dan greliyawati yang sengaja menambah keruh suasana persaudaraan di Indonesia dengan melontarkan isu SARA. Entah apa tujuannya, sebaiknya memang anggap angin lalu. Karena percayalah, jika Anda menelusuri akun penebar SARA tersebut adalah 99% palsu!

Jadi, selain tidak memperdulikan konten yang menebar kebencian tersebut, maka kita juga bisa melaporkan akun tersebut kepada Admin dari grup facebook (grup facebook masih menjadi sarang para penebar SARA). Oke, ini step by step cara melaporkan ke Admin Grup Facebook.


Pada sudut kanan atas posting terdapat tanda panah ke arah bawah, klik tanda tersebut


Dalam Bahasa Indonesia, pilih laporkan ke pengurus. Dalam Bahasa Inggris? Anda tahu sendiri artinya.



Klik laporkan, maka pengurus akan mendapat laporan tentang posting yang Anda anggap mengganggu tersebut. Jika pengurus berpikir sehat maka otomatis pengurus akan menghapus posting tersebut.



Nah bagaimana jika pengurusnya ternyata sudah minggat atau ada grup yang tidak bertuan? Kita bisa laporkan ke Facebook sendiri, caranya? Klik laporkan sebagai Spam pada postingan tersebut.



Postingan yang Anda laporkan akan menghilang, namun akan muncul keterangan seperti dibawah ini. Klik laporkan.



Step by step berikutnya tidak usah saya jelaskan lagi, dibawah ini sudah saya screenshot untuk Anda pahami.






Nah, jika Anda perhatikan sebenarnya Facebook sudah memberi kita cara untuk melaporkan posting yang dapat mengganggu ketertiban umum di media sosial. Hanya saja kita lebih suka membalasnya. Namun, pernahkan Anda menyadari? Ketika Anda emosi dan membalas makian mereka. Sesungguhnya mereka telah berhasil untuk memancing di air keruh.

Sebagai orang yang waras, coba pikirkanlah sekali lagi jika hendak meladeni orang penebar kebencian.


0 komentar:

Posting Komentar