Rabu, 15 November 2017

DEWI KALI YANG MENGINJAK DEWA SIWA


Pernahkah kita melihat suatu ilustrasi yang dimana Dewi Kali menginjak Dewa Siwa. Tentunya ini akan terkesan aneh, karena Dewa Siwa adalah salah satu Dewa yang dihormati di hati umat hindu.

Berikut makna yang terkandung dalam "gambar diinjaknya dada Dewa Siwa oleh Dewi Kali" mempunyai 2 pesan yang ingin diajarkan kepada umatNya;

  1. Makna yang pertama, Dewi Parwati adalah lambang dari Ibu Pertiwi (bumi), sedangkan Dewa Siwa lambang dari Bapa Akasa (langit). Jika kita merusak bumi ini, maka kita akan mendapatkan kesengsaraan, kengerian dan penderitaan. Sehingga langit pun pasti akan ikut tercemar, dan terkena dampak. Kalau hal ini terus merajalela, maka semua kehidupan akan musnah. Intinya sayangi bumi, maka kasih pertiwi dan akasa akan kita peroleh, dan begitu juga sebaliknya jika kita merusak pertiwi maka hanya akan memperoleh bencana dari pertiwi dan akasa.
  2. Makna kedua, yaitu dalam berumah tangga, terkadang banyak hal berat yang mana sang suami tidak mampu menjalankannya, tapi sang istri bisa menyelesaikannya. Kita diajarkan disini untuk tidak perlu malu meminta bantuan pada sang istri. Karena suami istri sesungguhnya adalah satu. Parwati adalah Siwa dan Siwa adalah Parwati. Disini pun kita diberikan sebuah pelajaran, bahwa jika sang istri tidak dibatasi, maka jangan salah jika suatu saat nanti sang suami pun akan diinjak-injak. Intinya jangan remehkan kekuatan wanita, maka dari itu hargailah, jaga dan rawatlah dia. Begitu pula sang istri harus menghargai dan menghormati sang suami sebagai kepala rumah tangga. Karena rumah tangga akan langgeng hanya jika sang raja dan ratunya selalu duduk berdampingan.

Demikian penjelasan singkat, apabila ada yang perlu diperbaiki mohon disampaikan. Mohon di share apabila bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar